Breaking

Rabu, 21 Februari 2018

Starting a Blog? Ini Salah Satu Teknik Dasarnya Untuk Kamu [IntroBlog]



Halo para pembaca cerdas! Semoga kalian yang hadir di sini selalu diberikan kesehatan yang luar biasa ya, dan tetaplah menjadi manusia yang tidak sombong, serta selalu ingat bahwa di atas langit masih ada langit. Itu pesan kecil dari saya selaku admin blog ini.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya mengapa kalian harus berkunjung ke blog ini atau apa keuntungan yang kalian dapatkan setelahnya? Jawabannya adalah melalui postingan kali ini. Saya akan mengajak kalian sedikit mengenal dan berbincang-bincang ala kadarnya mengenai blog sederhana saya ini.

Di awal saya akan langsung membagikan ilmu dasar bagi kalian para pembaca cerdas, khususnya yang memiliki keinginan untuk ngeblog, agar nantinya tahu langkah awal untuk memuaskan pengunjung kalian. Walaupun sudah banyak beredar di luar sana teknik dasar blog yang akan saya jelaskan nanti, tidak ada salahnya saya menjelaskan kembali, barangkali di antara para pembaca belum mengetahui teknik dasar ngeblog ini.

Dalam artikel pengenalan ini saya akan memadukan penjelasan antara basic article dan asal-usul blog ini. Sehingga tidak hanya mengetahui tentang blog ini saja, akan tetapi juga mengetahui salah satu teknik dasar dalam ilmu blogging. Semoga dengan ilmu yang sedikit ini bisa meningkatkan minat kalian terhadap dunia blogging. Oke langsung saja kita mulai ya.


Apa itu basic Article?


Basic Article sendiri sebenarnya sudah lama diperkenalkan, namun sering dilupakan atau bahkan tidak diketahui para blogger, terutama para blogger pemula. Istilah lain dari artikel atau konten yang di buat pertama kali di blog ialah “Basic Article”.

Basic Article inilah yang menjadi perwakilan seluruh postingan dari sebuah blog, dan menjadi penilaian apakah suatu blog itu layak dibaca atau tidak. Keresahan ini telah saya rasakan sekarang, bahkan jauh-jauh hari sebelum saya berniat membuat blog ini. Secara pribadi harus saya akui, salah satu hal yang sulit bagi saya adalah penulisan postingan pertama di blog.

I Wanna Be a Blogger First Blog Post : menerangkan bahwa sudah menjadi rahasia umum kalau tulisan pertama di blog itu cukup membingungkan; takut salah tulis dan kadang agak merasa tertekan. Karena dari itu mari kita simak secara baik bagaimana syarat untuk menciptakan postingan pertama yang tidak hanya sekedar memiliki isi, tapi juga memaparkan alasan kenapa blog itu dibuat. Cekidot!


1. Who are you?

Dalam setiap pertemuan pasti selalu ada perkenalan, ini adalah momen di mana kita menjelaskan kepada pembaca siapa kita. Jika anda membuat sebuah blog dengan konten bisnis, silakan tulis tentang bisnis anda, atau tentang konten lain juga bisa. Nah, posisikan diri anda saat ini sedang berada di depan semua orang, berusaha menjawab pertanyaan tentang siapa anda, lalu tulislah di artikel pertama blog anda. Seperti layaknya yang sedang saya lakukan sekarang.


Siapa saya?


Blog ini bagi saya adalah tempat di mana saya kembali dari perjalanan jauh saya sebagai penulis lepas. Semakin jauh saya menulis, maka semakin dekat rasa rindu ingin kembali menulis di tempat ternyaman menurut saya, yaitu blog. Saya bukanlah siapa-siapa, melainkan saya sama seperti anda para pembaca. Saya adalah pembaca itu sendiri. Sering sekali saya mengunjungi beberapa blog yang berisikan konten menarik dan mendapatkan informasi dari sana. Sama seperti anda saya juga haus akan pengetahuan, informasi, bahkan saya haus akan keingintahuan. Walaupun begitu, ada saatnya di mana saya ingin berbagi pengalaman kepada kalian. Memberikan info-info terhangat berdasarkan sudut pandang saya, beradu pendapat bersama kalian para pembaca dengan pemikiran kritis di kolom komentar. Silakan tanyakan lebih lanjut melalui kolom komentar bila itu berkaitan dengan saya, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Jika itu kritik dan bukan kata-kata benci dari seorang haters, saya akan memberikan respon terbaik saya.

2. Why you are blogging?

Ceritakan secara singkat kenapa anda menciptakan blog tersebut. Alasan awal mengapa anda memiliki keinginan untuk melakukan blogging. Ceritakan secara singkat, namun jelas. Keluarkan semua alasan anda sehingga pembaca mengetahui seberapa besar tekad anda melakukan blogging ini. Ingat pembaca adalah seorang hakim bagi sebuah blog. 

Kenapa saya melakukan blogging?


Kembali kepada alasan saya mengapa ingin sekali menulis di blog ialah saya merasakan kenyamanan tersendiri di dalamnya. Sebelum saya kembali ke sini, saya sudah menjadi seorang penulis lepas. Menulis puluhan cerpen, melakukan editing, serta memenangkan beberapa ajang kepenulisan yang diadakan suatu institusi. Akan tetapi, ketika melalui semua itu saya selalu ingat bahwa yang menjadikan saya seperti itu berawal dari blog. Dari blog juga saya merasakan kesenangan tersendiri melalui interaksi bersama pembaca. Karena dengan melalui kritik pembaca lah saya akhirnya dapat menemukan gaya penulisan saya sendiri, kelemahan saya dapat tertutupi sedikit demi sedikit itu pun karena komentar cerdas para pembaca. Maka, blog ini akan berisikan pengalaman saya selama ini sebagai penulis lepas, serta memberikan tips atau review yang saya harapkan sedikit berguna untuk pembaca. Tentu juga saya akan membahas hal-hal yang sedang menjadi perbincangan hangat di dalam negeri. 

3. What Will you Blogging About?

Jika anda sudah menjawab pertanyaan kedua, maka akan mudah sekali menjawab pertanyaan ketiga ini. Anda hanya diharuskan menulis tentang apa yang anda akan bahas di blog anda nanti. Tentu saja disertai alasan mengapa anda ingin membahas tentang itu di blog anda nantinya.


Blog saya sendiri akan berisikan pengalaman- pengalaman saya yang akan dibagikan melalui postingan-postingan. Apa saja sih pengalamannya? Bisa saja saya membagikan tips menulis yang saya ketahui, mungkin juga pengalaman kehidupan saya, atau mungkin pengalaman saya ketika mengikuti beberapa acara seminar, semua akan saya bagikan di blog ini kepada para pembaca. Postingan dengan pemikiran kritis pun akan melengkapi isi dari blog ini. Alasannya dikarenakan menurut saya banyak sekali blog di luar sana yang senang sekali memprovokasi masyarakatnya, sehingga pecah lah amarah mereka. Nah, saya sangat ingin sekali menuliskan keresahan saya, namun dengan tetap berpegang teguh bahwa saya adalah orang yang netral. Terakhir saya sangat ingin mendengar komentar kalian nantinya, maka dari itu pembaca silakan berinteraksi dengan saya. Kita bersama-sama menciptakan blog dengan sistem kekeluargaan yang erat nantinya.


4. How I Can Leave Feedback?


Bagaimana pembaca atau pengunjung anda akan memberikan feedback terhadap blog anda. Mungkin mereka dapat diberikan akses di kolom komentar atau ada hal lain yang dapat dilakukan pembaca seperti  akses berinteraksi di sosial media.

Di dalam blog saya para pembaca bisa memberikan feedback melalui kolom komentar. Selain itu bisa menghubungi saya melalui akun media sosial saya seperti facebook atau twitter. Saya sangat mengharapkan feedback membangun dari kalian, dan diharapkan feedback itu tetap berkaitan dengan isi postingan ataupun blog. Boleh memberikan kritik tapi dengan perkataan yang baik dan benar. Karena saya tahu pembaca yang hadir di blog ini adalah para pembaca cerdas.

Nah, sampai di sini mungkin penjelasan saya mengenai artikel dasar bagaimana untuk menulis blog. Semoga dengan ilmu yang sedikit ini dapat memberikan pengetahuan kepada kalian yang ingin melakukan blogging juga nantinya. Begitu pun juga kisah dari blog ini, semoga kalian juga paham alasan kenapa blog ini dibuat. Saya sekarang tidak sabar ingin berinteraksi dengan kalian, jika ada satu atau lebih pertanyaan yang membekas di pikiran kalian bolehlah untuk dituliskan ke dalam kolom komentar. Saya tunggu feedback dari kalian ya.


Salam para pembaca cerdas!

17 komentar:

  1. Sangat membantu sekali bagi aku untuk belajar blogging. Izin mengikuti ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silakan kakak, semoga ke depannya saya bisa membantu kakak lagi ya hehe

      Hapus
  2. Mantap...
    Mampir ya ke catatanwardana.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siap gan, makasih ya udah berkunjunng hehe

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, semoga selalu memberi manfaat ya ke depannya :)

      Hapus
  4. Informasi bagus nih, tulisan yang bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih ya udah mau berkunjung, silakan berkunjung lagi ya nanti :D

      Hapus
  5. Tekniknya terlihat gampang ya, tapi pas dipraktekkin sulitnya minta ampun wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gitu emang teori itu gampangnya minta ampun, berbeda sama praktek ahaha

      Hapus
  6. Permasalahannya sih pemilihan kata-kata sih menurut aku. Aku pernah nulis sampe berulang kali gara-gara kata-katanya ngga pas. Asem :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sih kadang bikin kesel sama capek, tapi itulah seni menulis mbak :)

      Hapus
  7. Nice..
    Kunbal ke kalqotru*com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mbak udah mampir :) siap-siap aku bakal blogwalking ke situ kok hehe

      Hapus
  8. Nice..
    Kunbal ke kalqotru*com

    BalasHapus