Breaking

Jumat, 09 Maret 2018

5 Hal yang Aku Lakukan untuk Meningkatkan Pengunjung Blog





Hai fellas! Berkaitan dengan hal yang penting, aku ingin membahas bagaimana meningkatkan pengunjung blog. Kalau kamu main ke situs-situs blogger, banyak yang akan mempertanyakan pertanyaan satu ini :


“Bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog?”


Mungkin kamu juga sudah merasa jenuh, lelah, mata berkatung-katung menulis kata demi kata guna memperbanyak artikel di blog. Lalu pada akhirnya mengetahui fakta bahwa pengunjung blog kamu hanya segitu-segitu saja, tak bertambah malah berkurang. 

Yang perlu kalian ingat adalah :


“Banyaknya artikel tidak mempengaruhi jumlah pengunjung blog kamu!”


Bahkan ada blog yang memiliki artikel atau postingan yang sedikit sekali, tapi angka traffic pengunjung blognya meningkat cukup pesat.


Salahnya di mana?


Bagi seorang blogger, entah itu blogger yang memonetasi blognya ataupun para pebisnis online yang mengelola online shop, pasti membutuhkan traffic untuk mensukseskan apa yang dilakukan. Sebagus apapun kita mendesain suatu website atau blog, dan mengisinya dengan konten-konten yang berkualitas, tidak akan ada gunanya jika blog tersebut tidak ada yang mengunjunginya. Benar bukan?

Dan urusan mendatangkan pengunjung atau menaikkan traffic blog bisa dibilang gampang–gampang susah,  karena diperlukan ketekunan, serta trik-trik yang membutuhkan kesabaran ekstra.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini aku bermaksud untuk berbagi pengalaman dalam meningkatkan traffic atau pengunjung dalam blog kita. Cara yang aku share ini dibagi menjadi dua, yaitu meningkatkan traffic pengunjung secara gratis atau yang berbayar.


· Meningkatkan traffic pengunjung blog secara gratis

1.    Melalui social bookmarking

Cara pertama meningkatkan traffic pengunjung blog adalah dengan memanfaatkan situs social bookmarking. Pada awalnya, situs ini dibuat demi membantu para pengguna internet untuk menyimpan alamat web yang mereka sukai untuk dibuka di lain waktu.

Namun, sekarang social bookmarking sudah tidak hanya digunakan untuk mem-bookmark web saja, tapi juga dimanfaatkan untuk optimasi seo dan mendapatkan lebih banyak traffic dari para blogger. Tentu tidak ada salahnya jika kamu juga mencoba memanfaatkan ini.

Caranya, cukup simpan url postingan blog atau url blog kamu langsung di situs – situs social bookmarking ini dengan harapan pengguna internet lain akan tertarik terhadap link yang kamu submit tersebut lalu membukanya. Dari social bookmarking ini para blogger juga sering mendapatkan traffic langsung dari search engine, jadi potensi mendapatkan lebih banyak traffic dari social bookmarking memang sangat besar.

Walaupun sebagian blogger sudah tidak begitu yakin mengenai kefektifan sosial bookmarking dalam meningkatkan peringkat seo, akan tetapi tidak sedikit dari para master yang menggunakan teknik ini dalam meningkatkan seo di blognya.


2.    Memanfaatkan situs forum

Selain dari social bookmarking, Kamu juga bisa meningkatkan traffic blog melalui berbagai forum yang bertebaran di internet. Sebagian forum memang memperbolehkan anggotanya untuk menyertakan link pada thread atau signature-nya. Namun ada juga yang melarang. Jadi sebelum mempromosikan blogmu, sebaiknya baca dulu rules yang ada pada forum tersebut.

Usahakan untuk membuka thread yang berguna dan tidak merusak nama baik kamu. Sisipkan link blog dengan baik pada thread tersebut (jangan spam) dan manfaatkan fasilitas link signature sebaik mungkin untuk menarik traffic blog sebanyak-banyaknya.

Banyak forum yang bisa digunakan untuk menarik traffic blog. Beberapa yang paling direkomendasikan antara lain kaskus, detik forum, pengusaha.co, forum kompas, dan lain-lain.


3.    Melakukan blogwalking

Cara meningkatkan traffic blog selanjutnya adalah dengan melakukan blogwalking. Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog lain yang lebih dulu terkenal dan tentunya memiliki topik dan tema yang sama dengan blog milik Kamu.

Pada kolom komentar, umumnya para pemilik blog tersebut menyediakan kolom untuk orang yang ingin menuliskan url di dalamnya. Fasilitas ini lah yang harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Namun sebelum memberikan komentar, kamu harus membaca artikel sang pemilik blog yang telah diposting di sana. Ini bertujuan agar komentar Kamu memiliki kaitan dengan topik yang sedang dibahas sehingga komentar Kamu berkualitas.

Jangan lupa untuk berkomentar dengan bahasa yang santun agar meninggalkan kesan yang baik bagi pemilik blog tersebut. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan backlink menuju situs blog kamu. Lebih lanjut pengunjung blog tersebut kemungkinan bisa ikut mengunjungi blog Kamu melalui url yang sudah ditulis tadi.

Ingat! Jangan melakukan spam karena ini bisa mencoreng nama baik blog kamu maupun kamu sendiri.


4.    Manfaatkan sosial media

Sebagian besar pengguna internet di dunia pasti memiliki media sosial pribadinya. Di indonesia sendiri, pengguna media sosial meningkat pesat pada beberapa tahun terakhir. Ini lah yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan traffic blog Kamu.

Caranya pun cukup mudah dan mirip dengan cara-cara di atas. Kamu bisa mempromosikan link blog Kamu melalui grup-grup diskusi maupun komentar pada thread tertentu dengan topik yang sama dengan blog Kamu. Usahakan gunakan bahasa sesopan mungkin saat melakukan promosi agar orang tertarik dan menghargai usaha Kamu. Dan jangan sekali-sekali melakukan spam dengan menebar link dimana-mana karena ini akan memberikan citra buruk pada diri kamu.

Beberapa media sosial yang sangat potensial untuk mendatangkan traffic antara lain twitter, facebook, linkedln, you tube, instagram, dan google plus. Sebenarnya masih banyak media sosial lain yang bisa dimanfaatkan, tapi media sosial di atas memiliki potensi paling besar karena penggunanya sangat banyak.


· Meningkatkan traffic pengunjung blog secara berbayar


Jika memiliki budget lebih, ada baiknya kamu mempromosikan blog kamu secara berbayar dengan mengiklankannya di berbagai situs. Cara ini terbukti cukup ampuh dalam meningkatkan traffic dibandingkan dengan cara yang gratis.


1.    Mengiklankan di ppc

Salah satu penyelenggara iklan ppc yang paling terkenal adalah google adwords. Perusahaan anakan google ini sudah sangat berpengalaman dan terbukti sangat baik dalam menjalankan bisnis periklanan. Google adwords sendiri sudah memiliki banyak jaringan advertiser dan publisher yang tersebar di seluruh dunia termasuk indonesia.

Beriklan di google adwords juga memiliki keunggulan yakni iklan yang ditampilkan akan disesuaikan dengan topik artikel publisher. Jadi kemungkinan datangnya pengunjung blog semakin tinggi. Google adwords juga sudah banyak digunakan oleh para pebisnis online dan terbukti memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis mereka. Jadi kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.


2.    Memasang iklan di facebook

Salah satu sosial media bernama facebook memiliki layanan yang memungkinkan orang untuk memasang iklan di situsnya. Layanan ini bernama facebook ads. Keunggulan dari facebook ads adalah pengiklan bisa memilih sendiri kategori target audiens yang dibutuhkan sehingga sangat mempengaruhi efektifitas iklan yang dipasang. Selain itu pengiklan juga bisa mengatur sendiri berapa budget yang harus dikeluarkan untuk setiap klik.


3. Memasang iklan di iklan baris online

Cara terakhir yang bisa Kamu tempuh untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan memasang iklan di iklan baris online yang disediakan oleh beberapa situs. Meskipun ada situs yang menyediakannya secara gratis, namun sangat direkomendasikan untuk mengiklankannya di situs yang berbayar karena berbagai kelebihan yang ditawarkan dan tentunya hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Itu lah berbagai cara untuk meningkatkan traffic blog baik secara gratis maupun berbayar. Dalam meningkatkan traffic, Kamu tidak perlu melakukan semua tips di atas, cukup pilih beberapa saja, kemudian atur strategi sebaik dan seefektif mungkin untuk melakukan berbagai promosi di situs-situs online.

Namun jangan lupa juga untuk selalu memposting konten-konten berkualitas setiap harinya, untuk menjaga nama baik blog dan memuaskan para pengunjung Kamu. Semoga tips meningkatkan traffic pengunjung blog ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Akhirnya kita berada di penghujung postingan..

Itulah beberapa tips dari aku untuk meningkatkan traffic pada blog.

Maka, praktekkanlah beberapa tips yang sudah aku tuliskan tadi, semua memang butuh usaha dan tenaga. Selalu berpikiran positif, tanyakan bila ada keluhan yang membebani kamu untuk melakukan tips tips di atas. Bisa kontak aku melalui email ataupun kolom komentar.

Salam blogger!


20 komentar:

  1. blog walking dan promote sosmed yang saya terapkan sekarang,

    social bookmarking memang sempat booming beberapa tahun yang lalau, tapi sejak algoritma google berubah, sosbook ga efektif lagi malah dapat berdampak spamming,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini komentar membangun yang sangat baik sekali. Iya benar sekali, sosbook memang kurang efektif untuk sekarang, jadi bisa dijadikan alternatif lain saja. Terima kasih sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  2. Selama ini saya masih pakai sosial media (twitter) untuk share link postingan terbaru. Tak lupa pula blogwalking dan komen di artikel yang saya anggap menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kemarin sempat berkeliling di semua sosmed, dan hampir semuanya itu sudah mengalami kesulitan untuk melakukan share blog. Dari semua sosmed itu saya berani bilang, bila hanya twitter dan facebook yang masih menjadi tempat yang baik untuk para blogger mempromosikan blognya. Karena mungkin semua orang mulai beralih ke youtube, jadi blog mulai mengalami penurunan peminatnya. Jadi, hanya blog yang memiliki artikel berkonten menarik dan berbobot lah yang masih bertahan :)

      Hapus
  3. Saya masih mengandalkan sosial media dan komunitas blogger. Blogwalking tetap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ini cara yang sebenarnya paling ampuh sih buat para blogger. Sebenarnya kita bukan hanya mencari pengunjung, tapi juga mencari teman blogger lain untuk diajak bertukar pikiran. Simpel tapi sulit dilakukan oleh kebanyakan orang hehe

      Hapus
  4. Selama ada yang gratisan kenapa harus berbayar? Dengan kerja keras kita bisa mendapatkan pengunjung yang cukup banyak kok. Contohnya blog saya, perhari bisa 200an orang yang datang, hanya dengan mengandalkan share ke sosmed dan blogwalking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mbak kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Cara sederhana memang lebih efektif terkadang

      Hapus
  5. Beberapa bulan terakhir saya menerapkan teknik blogwalking secara rutin dan alhamdulillah pengunjung saya naik walaupun sedikit demi sedikit :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin memang bertambah sedikit, tapi kepuasannya itu yang tiada tara. Para blogger baru sudah lupa rasanya bagaimana blogwalking yang menyenangkan :)

      Hapus
  6. Tulisan yang sangat bermanfaat sekali, aku memang merasa kesulitan untuk mendapatkan pengunjung ke blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktekkin aja tips yang sudah saya tuliskan, semoga membantu ya

      Hapus
  7. Izin follow ya kak blognya, aku suka banget sama tulisan kakak dan tampilan blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan silakan, berkunjung saja ya bila sempat :D

      Hapus
  8. Permasalahannya adalah bagaimana kita menghadapi perasaan jenuh ketika blogwalking setiap saat? Kalo kamu bagaimana cara mengantisipasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya sih lebih ke arah menikmati, jadi karena memang saya senang blogwalking, perasaan jenuh pun hampir tidak terasa. Saran aja, kalo mau buat blog dan pengen blogwalking hilangkan perasaan berlebihan untuk mencari pengunjung atau mencari uang, perasaan seperti itulah yang kadang membuat kita cepat jenuh.

      Hapus
  9. Buat artikel tentang perubahan algoritma google pencarian dong. Saya masih belum paham banget, takutnya susah buat index artikel ke google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh bukannya tidak mau, tapi saya saja masih belajar dengan para blogger pengalaman di forum tentang ini. Jadi mungkin kalo saya sudah paham bentul nanti akan saya share di blog pastinya. Tunggu aja hehe

      Hapus
  10. Hal yang masih sulit saya dapatkan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua memang butuh usaha kak, jadi jangan patah semangat dulu ya.

      Hapus