Breaking

Rabu, 14 Maret 2018

10 Cara Mengatasi Postingan Sepi Komentar dan Tidak Layak Share


















Alasan seseorang pensiun dari dunia blogging salah satunya adalah “kehabisan topik”.
Ketika baru mulai memasuki dunia blogging kita akan rajin menerbitkan artikel. Mungkin kamu rutin setiap hari menulis sebuah artikel, atau tiga hari satu artikel.
Tapi setelah menerbitkan banyak artikel kalian mulai menyadari kalau blog kalian tetap sepi pengunjung. Masalahnya di mana?

Permasalahannya ada di kontenmu atau topik artikel.
Sebelum itu, aku akan beritahukan dulu bahwa topik yang kita temukan mungkin akan terinspirasi dari blog-blog lain. Meskipun topiknya sama, tapi isinya tidak boleh sama.

Bagaimana cara kamu mengirimkan konten viral?

Konten viral adalah potongan media yang menjadi sangat terkenal dalam semalam. Itu bisa berbentuk video youtube, post facebook, tweet, ataupun konten sosial media yang dibagikan beribu-ribu kali.
Konten viral mulai bekerja untuk kamu secara autopilot. Brand kamu mulai diketahui oleh pengunjung baru yang bahkan kamu tidak bisa jangkau.
Mungkin Kamu berpikir mendapatkan konten viral seperti mendapatkan lotre. Jika kamu mencari bagaimana menyebarkan bisnis kamu ataupun kamu hanya ingin mendapatkan 15 menit ketenaran. Silahkan baca terus artikel ini.
Saya merangkum 10 cara untuk membuat konten marketing kamu menjadi viral.

1. Orang ingin terlihat pintar (biarkan mereka terlihat pintar)














Ketika orang berpikir ingin membagikan konten, mereka mempertimbangkan nilai sosialnya. Jika konten tersebut membuat mereka terlihat pintar atau cerdas, mereka akan dengan suka rela membagikannya ke teman-temanya dan followersnya.

2. Buat singkat

Sebagian besar konten viral singkat. Video cenderung berkisar antara 30 detik sampai dengan 1 menit. Jika konten kamu melebihinya, kamu akan kehilangan pengunjung.
Hal ini berlaku juga untuk blog. Dalam memberi perhatian ke sesuatu, orang-orang meluangkan waktu dengan sangat cepat. Jadi buat konten dengan sesederhana dan semudah mungkin. Tambahkan gambar, point, dan sub-judul.

3. Ambil sudut pandang manusia


















Mungkin kamu sudah menemukan minuman yang sempura untuk perayaan pernikahan kamu? Mungkin kamu ingin sharing tentang sifat bos yang kamu benci dan kamu mengetahui kebanyakan orang merasakan hal yang sama dengan kamu?

Jika orang merasakan dan menerima dalam kehidupan mereka, kemungkinan besar mereka akan membagikannya. Ketika sesuatu itu bersifat personal bagi mereka, mereka akan membagikannya.

4. Buatlah asli




Kebanyakan orang tidak mencari video atau blog yang terlihat dibuat-buat atau berlebihan. Harus terlihat asli.

Panduan ‘Bagaimana cara’ adalah contoh yang baik, dan video dibalik sebuah momen yang menarik juga bisa menjadi contoh yang sangat bagus.

5. Buat interaktif




















Apakah kamu mengetahui pengetahuan yang kuat tentang topik yang menarik?
Orang-orang ingin dan berharap kontennya dapat mereka diskusikan. Semakin banyak bahan diskusi dalam konten, semakin besar kemungkinan konten kamu akan tersebar.

Konten interaktif semacam kuis bisa menjadi cara untuk melakukan hal ini.

6. Biarkan pembaca berkomentar


















Jika kamu blogger, kamu membutuhkan sistem komentar yang bagus, seperti diskusi, jika kamu ingin mendapatkan kesempatan untuk viral. Jika kamu mendapatkan komen yang bagus ataupun yang kontroversial, berikan respon. Komunitas yang baik dari orang yang berkomentar akan meningkatkan kesempatan viral.

7. Gunakan list dan gambar


















Orang-orang menyukai list dan gambar

Jika kamu membuat list blog kamu, kesempatan konten kamu menjadi viral meningkat. Jika kamu kreatif menggambarkan list kamu, kesempatan konten kamu menjadi viral semakin meningkat.

8. Buat judul yang menarik


















Dengan banyak konten di luaran sana sekarang, kamu harus bisa membuat kesan pertama yang sangat bagus, atau kamu akan dilewatkan . Buat judul yang mudah ditangkap, bermanfaat, dan membuat penasaran.

Sebagai contoh, coba kamu bertanya ke diri kamu;
“Akankah saya mengklik judul ini?”

9. Jangan membuat orang merasa bodoh















Ketika orang membagikan konten, mereka sebenarnya mempertaruhkan reputasi mereka. Jadi berhati-hatilah untuk tidak mengintimidasi suatu kelompok.

Tokoh masyarakat sering dijadikan topik. Misalnya, pemilihan presiden. Donald Trump bisa menjadi topik yang kontroversial. Jika kamu mendukung dia ataupun tidak. Kamu yakin terdapat banyak orang yang mendukungnya dan kamu mendapatkan respon dari kedua belah pihak.

10. Buat postingan yang layak



















Jika kamu ingin membuat postingan di facebook, pastikan kamu menggunakan bahasa dan format yang benar, untuk memudahkan membaca konten. Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari paragraf yang sangat panjang dan tidak jelas.

Jika kamu ingin nge-tweet, jangan menggunakan semua 140 karakter. Sisakan 10 – 12 karakter (ini meningkatkan mendapatkan re-tweet). Jika postinganmu menarik, pembaca akan dengan sukarela membagi artikelmu kepada orang lain, jadi usahakan buat postingan yang layak untuk para pembaca.

Tidak ada aturan pasti dalam membuat konten blog menjadi viral. Tetapi jika kamu mengikuti panduan ini, kamu pasti dapat meningkatkan pentunjung blog dari artikelmu.

Para blogger yang mungkin akan tetap jalan di tempat dan tidak maju-maju mungkin memiliki ciri-ciri seperti ini :

1. Blogger yang hanya membaca tapi tidak mempraktekkan dan menganggap artikelnya sudah bagus.

2. Blogger yang membaca sekilas tetapi tidak mengetahui poin penting dari postingan ini.

Jika kamu di antara dua ciri tersebut maka mulailah untuk membenah kembali blog kalian. Karena tidak ada blogger yang sukses tanpa kerja keras.

34 komentar:

  1. Paragraf pertama yg berpengaruh,, klo bkin penasaran,, sya lanjut,, klo enggak,, close,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, kalo isi dari sebuah artikel itu bagus dan menarik, pasti paragraf pertamanya juga bagus. Biasanya begitu hehe

      Hapus
  2. Ya kadang bingung sih bagaimana menulis artikel dengan konten yang berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak membaca aja kuncinya, terus sering sering searching di google tentang tutorial blogging. Nanti juga paham dengan sendirinya kok, asal langsung diterapin nantinya.

      Hapus
  3. Lama-lama pensiun sih kalo pengunjung blog ga pernah rame, kadang mikir apa usaha gue yang belum maksimal yak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, percaya aja sama kalimat itu :D

      Hapus
  4. Percuma bos kadang kalo punya artikel tapi menarik. Pengunjung itu banyak maunya kadang bikin kesel zzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan memang blog itu fungsinya memanjakan pengunjung, jadi kita sebagai blogger harus tau dan peka apa yang diinginkan pembaca.

      Hapus
  5. Kalo sudut pandang saya terhadap kualitas kontent tergantung Niche..
    Misalnya kontent yang sedang fokus garap terfokus pada dunia Traveling. Ya kita fokus 1 Niche aja jgn buat gado-gado... Gpp seminggu sekali posting yang penting berkualitas dan seo.
    Trs kondisi blog Walking juga berpengaruh. Kenapa para blogger yang komentar suka basa basi, karena kontent yang di baca saat BLog Walking tidak sesuai dengan kontent Niche dari sang komentar. Misal nya saya lagi jalan2 blog Walking. terus saya masuk/membaca kontent tentang review produk,kosmetik,tutorial dll.. sebagai blogger yang Budiman tentu nya usahakan memberikan komentar. Karena kontent yang di baca tidak sesuai dengan Niche si komentar,akhirnya komentar isi nya cuma basa basi bla bla..
    Lain cerita jika sudah sesama 1 topik ,pasti akan antusias sekali bacanya termasuk komentarnya..

    My opinion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini salah satu kiat-kiatnya juga. Anda benar sekali, tidak salah. Mungkin nanti saya akan membahas soal niche juga untuk postingan berikutnya. Terima kasih sudah menambahkan dan memberikan pendapat :)

      Hapus
  6. Artikel bermanfaat sekali, gigih banget ya gan share hampir di setiap grup blogger. Sekalian mampir blogwalking kesini deh buat ninggalin jejak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan makasih ya hehe. Iya soalnya blog ini juga masih baru jadi berusaha share ke temen-temen blogger lain

      Hapus
  7. gambar dan kalimat pertama. awalnya melihat gambar apakah menarik atau tidak lalu pembaca akan membaca kalimat pertama. kalo udah bikin boring pasti ditinggalin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalo isi artikelnya bagus, penulis juga memperhatikan paragraf pertama. Jadi, mereka paham juga kalo paragraf pertama itu kunci untuk menarik minat pembaca.

      Hapus
  8. Semua blog itu hampir mirip-mirip sih artikelnya, apalagi yang bahas tutotial ngeblog kayak gini. Jadi mau ngga mau kita sebagai blogger harus banyak nambah ilmu aja sih buat blog kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap itu, intinya jangan pernah bosen buat cari tau tentang ilmu blog :)

      Hapus
  9. Jadi yang terpenting itu konten atau tampilan blog sebenarnya sih? Aku bingung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua-duanya malah kalo saya bilang. Karena konten menarik tanpa tambilan bagus ya bikin cepet bosen pas blogwalking, dan juga sebaliknya. Jadi harus seimbang kedua unsur ini

      Hapus
  10. Artikelnya bermanfaat sekali kak! Saya suka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nabila terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Hapus
  11. Menurut gue sih lebih ke arah bagaimana kita mempromosikan konten kita sih. Banyak juga yang menurut gue isi artikelnya bagus tapi sepi banget blognya. Saran gue juga sih jangan sepelekan masalah marketing blog lo, itu penting banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya masukannya :D sering-sering aja ke sini entar saya tulis nanti tentang ilmu marketing blog

      Hapus
  12. Kalo lebih tepatnya bukan kehabisan topik, tapi kalo aku lebih ke jenuh sama bosen aja sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya jangan sampe anda yang bosen, tapi buatlah pengunjung anda yang bosen menunggu kapan postingan anda publish nantinya hehe

      Hapus
  13. Aku sendiri masih dlm proses belajar utk bisa membuat artikel blog lebiiih menarik dan bisa mengundang banyak komen :D. Kyknya seneeeng aja ya kal pop pengunjung blog rame, apalagi mau kasih komen. Dan sebisa mungkin aku slalu balas komen2 mereka, plus mengunjungi balik blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita ngga boleh mengandalkan bot atau cuekin pengunjung blog yang sudah komen. Interaksi itu penting, agar pengunjung juga betah dan balik lagi nantinya :)

      Hapus
  14. tentunya menarik sepertinya relatif ya , ada yang aku suka blognya tapi ternyata kurang followernya dan yang aku kurang suka malah banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tergantung ketertarikan individu juga di mana senangnya. Soalnya juga kan orang baru berkunjung ke blog kalau konten blognya sesuai dengan apa yang dia cari. Terima kasih juga ya sudah berkunjung ke blog ini :)

      Hapus
  15. kalau saya liat judul dulu baru kalimat awal. kalau menarik lanjut baca, kalau neggak sih sudah close saja, cari tullisan lain. bagi saya setidaknya saya sudah menyumbang trafik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha makasih banyak kalau gitu ya, gpp kok memang setiap pengunjung punya hak penuh untuk baca atau engga, jadi gpp

      Hapus
  16. Kalo bisa perbanyak artikel gini ya.. soalnya bantu banget buat blogger pemula seperti saya ini hehe

    BalasHapus
  17. Semua unsur sebenarnya berperan ketika kita menulis sebuah artikel. Bagi aku pribadi sih menulis itu seperti anggota tubuh kita yang punya peran masing-masing

    BalasHapus
  18. cara murah postingan rame komentar, lakukan lah BW an, dan masalah pun selesai.

    Banyak tulisan bagus yang tidak di share oleh pembaca, saya sendiri kalau menemukan tulisan bagus ga share tulisan, cuma berkomentar saja,

    BalasHapus
  19. buh..... send WA laaa andiikurniawan@live.com

    BalasHapus